Efektivitas Pembelajaran Dalam Mata Kuliah Fisika Menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran Spada (LMS SPADA)

  • Nurwahid Syam Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata
  • Juniarti Iryani Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata
Keywords: Efektivitas, Belajar Fisika, Sistem Manajemen Pembelajaran, SPADA

Abstract

Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) adalah platform teknologi yang memungkinkan lembaga pendidikan untuk mengatur, mengelola, dan menyampaikan konten pembelajaran secara online. LMS yang digunakan untuk pembelajaran adalah SPADA yang telah dilaksanakan selama empat semester di Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran SPADA efisien dan efektif. Untuk mengeval___uasi pembelajaran lebih lanjut di Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adota. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Proses perolehan informasi (pengumpulan data) dilakukan melalui metode penggunaan kuesioner/kuesioner. Kuesioner berisi pernyataan efektivitas pembelajaran menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran SPADA. Kuesioner didistribusikan kepada responden menggunakan formulir Google. Selanjutnya, data akan dianalisis dan dijabarkan sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan LMS SPADA dalam mata kuliah fisika di perguruan tinggi sangat efektif dalam meningkatkan ketepatan waktu pengumpulan tugas, interaksi antara dosen dan mahasiswa, struktur dan kualitas proses pembelajaran, serta fleksibilitas akses dan waktu belajar. Oleh karena itu, LMS SPADA merupakan alat yang sangat berguna dalam mendukung dan meningkatkan efektivitas pembelajaran fisika.

References

Agarwal, & Wadhwa. (2020). E-learning di era krisis COVID-19: Peluang dan tantangan yang muncul 49(1), 5-22. Jurnal Sistem Teknologi Pendidikan, 49(1), 5–22.

Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa'deh, R., & Sinclair, J. (2020). Mengeval_uasi keberhasilan sistem E-learning: Sebuah studi empiris. Komputer dalam Perilaku Manusia, 102, 67–86. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004.

Bernard, RM, Borokhovski, E., Schmid, RF, Tamim, RM, & Abrami, PC (2014). Meta-analisis pembelajaran campuran dan penggunaan teknologi di pendidikan tinggi: Dari yang umum hingga yang diterapkan. Jurnal Komputasi di Pendidikan Tinggi, 26(1), 87–122. https://doi.org/10.1007/s12528-013-9077-3.

Budiani, D. (2021). Interaksi Dosen-Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bahasa Jepang. Jurnal Pendidikan dan Linguistik Bahasa Jepang, 5(1), Artikel 1. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10578.

Ghadzia, G., Husna, H., & Yanti, IR (2023). Pengembangan E-Module Fisika berbasis Discovery Learning pada Materi Optik di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), Pasal 2. https://doi.org/10.26618/jpf.v11i2.8329.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Sejarah : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075.

Mardiah, A., Haryanto, H., Astuti, A., Widyatiningtyas, W., Riyanti, A., & Rukiyanto, BA (2024). Analisis Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (Lms) Dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 540–550. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24533.

Moradi, A., Fakhri, M., & Mohammadi, M. (2021). Meningkatkan pembelajaran fisika melalui platform online. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika.

Nugroho, E. (2018). Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner. Universitas Brawijaya Press.

Opina, A., Hidayati, -, Dewi, WS, & Emiliannur, -. (2024). Pengembangan Model Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual E-Module pada Materi Pemanasan Global untuk SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(1), Pasal 1. https://doi.org/10.24036/jppf.v10i1.127716.

Prahestiningtyas, T., & Sulisworo, D. (2022). Pembelajaran Fisika secara Online dengan Aplikasi Seesaw Berdasarkan Scientific Based Learning untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Ilmiah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), Pasal 1. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i1.11108.

Raffaghelli, JE, Manca, S., Stewart, B., Prinsloo, P., & Sangrà, A. (2020). Mendukung pengembangan literasi data kritis di pendidikan tinggi: Blok bangunan untuk budaya data yang adil di masyarakat. Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan di Pendidikan Tinggi, 17(1), 58. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00235-w.

Reich, J. (2020). Kegagalan untuk Mengganggu: Mengapa Teknologi Saja Tidak Dapat Mengubah Pendidikan. Pers Universitas Harvard.

Rizaldi, DR, Jufri, AW, & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), Pasal 1. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103.

Sudrajad, B., & Retnowati, RDS (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Terpadu untuk Pendidikan Bencana Tsunami untuk Meningkatkan Kesadaran dan Kesiapsiagaan Siswa SMA di Wilayah Pesisir Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 5(2), Pasal 2. https://doi.org/10.29303/jppfi.v5i2.228.

Supriasih, E., Fathurohman, A., & Sriyanti, I. (2023). Flipped Classroom: Implementasi dan Dampaknya dalam Pembelajaran IPA (Studi Kasus Selama Pandemi Covid-19). Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), Pasal 1. https://doi.org/10.26618/jpf.v11i1.8105.

Umamah, C., Diraya, I., & Andi, HJ (2023). Efektivitas dan Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Web dengan Platform Wix di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), Pasal 1. https://doi.org/10.26618/jpf.v11i1.9720.

Van Wart, M., Ni, A., Medina, P., Canelon, J., Kordrostami, M., Zhang, J., & Liu, Y. (2020). Mengintegrasikan perspektif siswa tentang pembelajaran online: Hierarki faktor. Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan di Pendidikan Tinggi, 17(1), 53. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00229-8

Published
2024-06-30