Pendidikan Islam Di Indonesia Masa Penjajahan Kemerdekaan Dan Dinamika Kebijakannya
Abstract
Sejarah pendidikan di Indonesia mengalami progress yang cukup panjang dan cukup rumit, utamanya berkaitan dengan perkembangan kebijakan pendidikan Islam. Pada masa pra kemerdekaan, pendidikan Islam dirundung duka yang mendalam akibat program pemerintahan Belanda yang berupaya mengembangkan sekolah missionaris dan kristenisasi. Sistem dan kebijakan pendidikan ditujukan untuk menjadikan generasi nusantara sebagai pengabdi penjajah Belanda. Setelah terusirnya Penjajah Belanda dari Indonesia pada Maret 1942, kekuasaan atas bangsa Indonesia beralih ke negara Jepang. Kebijakan yang diterapkan pemerintah Jepang berbeda jauh dengan kebijakan kolonial Belanda. Misi utama Jepang adalah menipponkan bangsa dan umat Islam di Indonesia. Namun kebijakan-kebijakan yang diberlakukan oleh Jepang, cukup menguntungkan juga bagi Bangsa Indonesia. Selain bertambah pesatnya perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, para pemuda bangsa juga telah terlatih dalam berbagai hal, sehingga semangat nasionalisme untuk mencapai kemerdekaan juga terlihat semakin kuat. Di Masa Orde lama, berbagai upaya pembaharuan dilakukan dalam bidang pendidikan dan pengajaran bagi penduduk Indonesia. Kebijakan era orde lama ini mengupayakan pengakuan pendidikan Islam sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional yang berhak mendapatkan fasilitas dari pemerintah. Di masa Orde Baru pendidikan Islam mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Dibuktikan dengan dikeluarkannya kebijakan terkait konvergensi dan integrasi pendidikan Islam dan pendidikan umum.
References
Anwar, Saiful. “Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia (Zaman Orde Baru Dan Reformasi).” Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6, no. 2 (August 1, 2019).
Hanipudin, Sarno. “Pendidikan Islam Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Matan: Journal of Islam and Muslim Society Vol 1, no. 1 (October 26, 2019): 39.
Hoddin, Muhammad Sholeh. “Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia; Studi Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Pra-Kemerdekaan Hingga Reformasi.” Jurnal Ilmiah Iqra’, Vol 14, no. 1 (2020).
Ikhwan, Afiful. “Kajian Sosio-Historis Pendidikan Islam Indonesia Era Reformasi.” Jurnal Edukasi Vol 5, no. 1 (June 2017).
Khoiri, Nur. Metodologi Penelitian Pendidikan: Ragam, Model Dan Pendekatan. Semarang: SEAP Publhising, 2017.
Kosim, Mohammad. “Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Pada Masa Orde Lama.” Karsa Vol 22, no. 1 (June 2014): 20.
Mart Gultom, Fadly. “Kebijakan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia (Studi Tentang PP RI No. 55 Tahun 2007).” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2014.
Mukhibat, M. “The Teaching Management and Study of Hadith: Method, Contents, and Approaches” 24 (2019): 11.
Mukhibat, Mukhibat. “Virtual Pesantren Management in Indonesia: In Knowing Locality, Nationality, and Globality.” Dinamika Ilmu: Jurnal of Education 20, no. 1 (2020): 123–32.
Putra Daulay, Haidar. Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2007.
Raya, Moch Khafidz Fuad. “Sejarah Orientasi Pendidikan Islam di Indonesia (Dari Masa Kolonial hingga Orde Baru).” Jurnal Pendidikan Islam Vol 8, no. 2 (November 2018): 15.
Rohman, Miftahur. “Kebijakan Pendidikan Islam Masa Penjajahan Jepang.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Hikmah Vol 2, no. 1 (September 2018).
Wathoni, Kharisul. Dinamika Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Ponorogo: STAIN Po Press, 2011


.png)
.png)



