STKIP BIMA Mendapatkan Program Hibah Pengembangan Kampung Tenun “Nari-Nari” di Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima

STKIP Bima menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi se Provinsi NTB yang mendapatkan Program Hibah Pengabdian Masyarakat dengan Skim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD).
Dimana Tema yang diajukan dan lolos yaitu Pengembangan Kampung Tenun “Nari-Nari” di Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima Sebagai Sentra Produksi Kain Tenun Bima Kualitas Ekspor. Program tersebut dilaksanakan oleh dosen beserta kelompok mitra dan tentunya melibatkan mahasiswa, dimana dosen yang terlibat merupakan Tim Pelaksana yang di Ketuai oleh Ibu Agrippina Wiraningtyas, M.Sc (Prodi Pendidikan Kimia) dan beranggotakan Bpk Ruslan, M.Sc (Prodi Pendidikan Kimia), Bpk Muh. Nasir, S.P, M.Pd (Prodi Pendidikan Biologi), serta Bpk Ahmad Sandi, SE, M.Si (Prodi Pendidikan Ekonomi). Sedangkan Kelompok mitra disini merupakan Pengrajin Tenun di Raba Dompu Timur yang tergabung dalam Kelompok Koperasi Wanita “Nari-Nari”. Pada Program kegitan PPPUD ini diharapkan produl lokal Bima berupa Tenun Bima dapat menjadi produk unggulan daerah yang berdaya saing dan mampu menembus pasaran global sebagai produk lokal yang memiliki nilai estetika dan budaya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama pengrajin tenun dan memperkenalkan daerah Bima dengan produk unggulan lokalnya.

Kelompok Mitra didampingi Tim Pelaksana PPPUD pada hari rabu dan kamis yaitu tanggal 13-14 Agustus 2019 telah melaksanakan kegitan Pembuatan zat warna Alam dan Pelatihan menjahit, kegiatan tersebut dibuka secara simbolis oleh Ketua Program PPPUD Ibu Agrippina Wiraningtyas, M.Sc dan Ketua Kopwan “Nari-Nari” Ibu Sumarni. Dan dilanjutkan dengan pemberian bantuan peralatan menjahit, obras dan peralatan pembuatan zat warna alam secara simbolis.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini mendapat respon yang sangat positif dari para peserta, dimana seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan baik pembuatan pewarnaan alam dan menjahit.

Selain kegiatan tersebuat, sebelumnya telah dilakukan kegiatan covering yang telah dilakukan oleh Tim Pelaksana beserta anggotan Mitra dengan menggandeng tutor yang membimbing dan memberi arahan dalam kegitan tersebut, sehingga menghasilkan beberapa produk fashion tenun yang kemudian dipamerkan dalam kegitan pameran yang diadakan oleh koperindag diawal bulan Agustus kemarin bertempat di Gedung Seni dan Budaya Kota Bima. Dan tentunya kegiatan Program PPPUD STKIP Bima ini belum selesai, karena produk benang hasil pewarnaan alam dari pelatihan pembuatan pewarna alam tadi akan ditenun untuk menghasilkan produk tenun yang memiliki nilai estetika dan budaya sehingga dapat mimiliki nilai ekonomi yang tinggi sebagai produk ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *