HMPS-PB STKIP BIMA SUKSES MELAKSANAKAN WEBINAR PENDIDIKAN NASIONAL

Pada hari sabtu (09 April 2022) Himpunan mahasiswa program studi Pendidikan Biologi (HMPS-PB) STKIP- Bima sukses melaksanakan kegiatan webinar pendidikan nasional via zoom meeting dengan tema “Transformasi Pendidikan di Era Digital untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”.

Adnan selaku ketua  Himpunan mahasiswa program studi Pendidikan Biologi (HMPS-PB) STKIP- Bima dalam laporannya mengatakan bahwa peserta yang mendaftar dalam kegiatan ini sebanyak 300 peserta dari berbagai instansi di Indonesia, yang terdiri dari kalangan dosen, guru, praktisi pendidikan dan mahasiswa.

Adnan menambahkan adapun pembicara yang diundang yaitu Dr. H. Hamdan Zoelva, S.H., M.H (Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2013-2015) sebagai keynote speaker, Muammar Kadhafi, S.T.,M.T (Dosen Universitas Brawijaya Malang) sebagai pemateri I, Muhammad Irwansyah, S.Pd., M.Pd (Dosen STKIP Bima) sebagai pemateri II dan Mei Indra Jayanti, S.Pd.,M.Pd (Dosen STKIP Bima) sebagai pemateri III.

Sementara itu Dr. Nasution, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua peserta yang sempat hadir dalam mengikuti kegiatan webinar ini. Dr. Nasution, M.Pd  berharap semoga kegiatan webinar pendidikan nasional  yang diadakan oleh Himpunan mahasiswa program studi Pendidikan Biologi (HMPS-PB) STKIP- Bima bermanfaat dalam memajukkan mutu pendidikan di Indonesia demi mewujudkan profil pelajar pancasila.

Dalam pemaparannya Dr. H. Hamdan Zoelva, S.H., M.H yang juga merupakan ketua dewan Pembina yayasan pengajaran dan ilmu pendidikan (YPIP) Bima mengatakan bahwa lembaga pendidikan harus bekerja keras dan ikhlas dalam menghasilkan  generasi yang beradab, berbudaya dan unggul sebab posisi lembaga pendidikan sangat penting dalam kemajuan negara Indonesia kedepannya. Bahkan beliau dengan tegas mengatakan bahwa apabila  Lembaga Pendidikan tidak mampu menghasilkan generasi yang beradab dan unggul berarti lembaga pendidikan tersebut telah gagal dalam mencetak generasi bangsa.

Dr. H. Hamdan Zoelva, S.H., M.H juga mengingatkan kepada seluruh civitas yang mengajar di lembaga pendidikan di Indonesia termasuk di Bima agar lembaga pendidikan tidak hanya dijadikan untuk transfer knowledge (pengetahuan) namun lembaga pendidikan harus dijadikan sebagai tempat untuk menanamkan cara berinovasi, cara menyelesaikan masalah, penanaman akhlak mulia serta sebagai tempat untuk penanaman nilai-nilai budaya sehingga kedepannya akan lahir generasi yang beradab, berbudaya serta unggul.

Setelah Dr. H. Hamdan Zoelva, S.H., M.H selesai memaparkan materinya kemudian dilanjutkan oleh Pemteri I Muammar Kadafi, S.T.,M.T Dosen Universitas Brawijaya Malang dan juga merupakan konten kreator youtube, dengan judul materi “Metode kreatif presentasi pembelajaran”. Pemateri II Muhammad Irwansyah, S.Pd.,M.Pd Dosen STKIP Bima yang juga merupakan pengajar praktik program pendidikan guru penggerak Kemendikbud-Ristek, dengan judul materi “Guru penggerak dan profil pelajar pancasila”. Sedangkan pemateri III Mei Indra Jayanti, S.Pd.,M.Pd Dosen STKIP Bima yang juga merupakan Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi  Nusa Tenggara Barat, dengan judul materi “Penguatan Kompetensi Guru dalam Mendukung Akreditasi Sekolah”.

Diakhir acara webinar pendidikan nasional kemudian panitia memberikan doorprize kepada para peserta yang aktif memberikan pertanyaan. Doorprize tersebut merupakan buku karya dosen program studi pendidikan Biologi STKIP Bima.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *