Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Bima Gelar Pengabdian Masyarakat

Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Kangga, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, NTB dengan Tema “Prodi BK Mengabdi”, Minggu (04/04/21)

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari yakni dari tanggal 2 sampai 4 April 2021 dengan melibatkan seluruh Dosen, Mahasiswa dan Alumni Bimbingan dan Konseling STKIP Bima.

Ketua Panitia Pelaksana, Faijin, M.Pd menyampaikan, dalam kegitan Prodi BK Mengabdi dibingkai dengan Kegiatan Baksos dengan sasaran Pengecoran lantai 3 bagian sayap. Selain itu, Penghijauan Pohon buah di sekitar Masjid, perkantoran, sekolah dan lapangan Desa.

“Kami juga mengadakan kegiatan Literasi dengan Tema Gerakan Kangga Membaca dan Konseling Keluarga/Parenting dengan Tema Menciptakan Keluarga Tangguh,” katanya.

Selain itu, pada kegiatan ini Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Bima memberikan sumbangan 100 Sak semen untuk pengecoran Masjid, 6 Sekop, Ember Cor, Pohon buah sejenis sawo, nangka, mangga, kelengkeng, buah naga dan pohon penghijauan antara lain cemara, beringin dan ketapang serta bola untuk tim sepakbola desa Kangga.

“Kalau Sekop kami sumbangkan disana agar dimanfaatkan untuk kegiatan pembangunan masjid dan iventaris pemakaman umum desa Kangga,” jelas Faijin.

Lanjut dia, penyerahan sumbangan Sekop dilakukan oleh Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling dan langsung di terima oleh kades Kangga serta disaksikan oleh Ketua Panitia Masjid, aparat desa Kangga dan masyarakat.

“Kami harap semoga Sekop itu bermanfaat bagi kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan di Desa Kangga” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Prodi BK Sarbudin, M.Pd menjelaskan, bahwa dana sumbangan tersebut berasal dari Ketua STKIP Bima, Ketua Yayasan PIP Bima dan Keluarga Besar Program Studi Bimbingan dan Konseling, unsur Mahasiswa, Dosen dan Alumni Prodi BK serta masyarakat.

“Atas nama Ketua Prodi BK saya menyampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan dan partisipasi semua pihak dalam menyukseskan Prodi BK Mengabdi, dari kesadaran dan niat baik yang beralih kepada aksi baik sehingga bisa terlaksana dengan lancar,” ujarnya.

Selain itu, dirinya menyampaikan ucapan terimaksih kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Kangga karna telah meneri kedatangan pihaknya dengan Ikhlas.

“Ucapan penghargaan tulus juga kami sampaikan kepada Pemdes Kangga dan seluruh masyarakat yang telah menerima dan membantu tulus serta ikhlas. Semoga Allah SWT yang maha pemurah memberi pahala yang berlimpah dan rezeki yang berkah untuk para dermawan,” ucapnya.

Dijeskan dia, kegiatan pengabdian tersebu menjadi agenda tahunan Program Studi Bimbingan dan Konseling selain sebagai wadah silaturahim dan sarana sosialisasi STKIP Bima untuk lebih dekat dengan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Dosen, mahasiswa serta alumni untuk menghayati permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat demi mempercepat gerak pembangunan dan menciptakan kader-kader pembangunan di desa,” jelasnya.

Hal tersebut sejalan dengan arah pengembangan STKIP Bima oleh Yayasan Pengajaran dan Ilmu Pendidikan (Y-PIP) sebagai penyelengga serta Visi besar STKIP Bima “Menjadi Perguruan Tinggi Unggul, Berintegritas dan Humanis Tingkat Regional 2025 dan ASEAN 2045,”.

“Sesuai dengan kondisi Desa Kangga telah disepakati akan menjadi Desa Binaan STKIP Bima melalui Program Studi Bimbingan dan Konseling dengan fokus pada kegiatan parenting, konseling pra nikah dan keluarga oleh Team Dosen Prodi BK yang dikordinir oleh Bapak Nur Syariful Amin, S.Psi. M.Psi,” terangnya.

Kepala Desa (Kades) Kangga, Nufrin H. Mahmud, menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar STKIP Bima melalui Program Studi Bimbingan dan Konseling atas kepercayaannya dan memilih Desa kami sebagai lokasi pengabdianya.

“Sebagai Desa yang tergolong baru, saat ini kami sangat membutuhkan bantuan dan kerja sama dari semua pihak dalam mempercepat pembangunan Desa lebih-lebih kalangan Perguruan Tinggi, sehingga desa Kangga bisa sejajar dan melampaui desa-desa yang lebih dahulu ada,” harap Kades.

Lanjutnya, kegiatan Prodi BK Mengabdi sangat tepat dan besar manfaatnya bagi Masyarakat Kangga di saat warganya tengah menuntaskan pengecoran lantai 3 dan sayap masjid yang tidak hanya membutuhkan bantuan materi tapi juga tenaga.

“Sekali lagi saya mewakili masyarakat Kangga mengucapkan terima kasih dan semoga apa yang dilakukan saat ini juga bisa merangsang para hamba-hamba Allah SWT yang lain untuk menitip sebagian rezeki-Nya untuk membangun rumah suci ini,” tutupnya (Syarbudin).

One thought on “Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Bima Gelar Pengabdian Masyarakat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *