Relawan Literasi Itu Harus Bergerak Dengan Berbagai Gerakan

Mahasiswa KKN Tematik STKIP Bima tem literasi Desa Tonggorisa yang dibina langsung oleh Amiruddin, S.Pd.,M.Pd. gencar melakukan gerakan dari RT ke Dusun untuk membaca Rabu (24/03/2021).

Konsep yang kami planning dan jalankan ini sebagai bentuk implementasi dan mendukung program bupati bima dalam perbup No 11 tahun 2019 tentang gerakan literasi, sehingga kami bersama mahasiswa benar-benar komit dalam berbagai gerakan mencerdaskan anak-anak bangsa melalui kendaraan literasi (Ungkap Amiruddin, S.Pd.,M.Pd – Dosen Pembimbing KKN prodi Bimbingan dan Konseling).

Kita harus terus berkolaborasi berbagai komponen dan SDM yang ada di desa tonggorisa, karena dengan berbagai gerakan literasi ini, bisa meningkatkan minat baca dan membudayakan baca masyarakat, saya sebagai dosen pembimbing terus membimbing dan bahkan turun langsung ke lapangan untuk bermain dan mengajarkan anak-anak (tegasnya).

Gerakan dusun membaca yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik STKIP Bima dan dibantu oleh remaja masjid, karangtaruna desa tonggorisa dan bertempat di dusun doro saninu (dusun 01). Sebelum kami lakukan gerakan dusun membaca sekarang, kami memulai gerakan literasi di semua RT yang ada di dusun tersebut dan bergilir mulai Rt.01 – Rt.09. (Ungkap Bunyamin – ketua posko 12 KKN Tematik STKIP Bima).

Gerakan Literasi adalah salah satu alternatif untuk mencerdaskan anak-anak di tengah Covid 19 dan suasana libur sekolah, ditambah lagi budaya baca anak-anak sangat kurang (tegasnya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *