STKIP BIMA KEMBALI MENGADAKAN SEMINAR DAN PAMERAN KEWIRAUSAHAAN

Kamis, 22 November 2018 STKIP Bima kembali mengadakan kegiatan Pameran Kewirausahaan. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini STKIP Bima menggandeng Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima untuk sekaligus mengadakan Seminar & Sosialisasi Wirausaha Muda Masuk Kampus yang juga dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi lain di Kabupaten & Kota Bima. Kegiatan Seminar & Pameran Kewirausahaan ini mengusung tema “Membentuk Ecopreneur dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”.

Ketua panitia, Bapak Nikman Azmin, M.Si menyatakan bahwa pemilihan tema tersebut bertujuan agar kedepannya STKIP Bima tidak hanya mampu mencetak tenaga guru profesional di bidangnya, tapi juga mampu menciptakan para pengusaha muda yang berkarakter ecopreneur yaitu pengusaha yang jujur, sopan santun, berbudaya dan peduli terhadap lingkungan sehingga mereka akan tetap eksis di era perubahan zaman dan dapat memajukan pengembangan ekonomi berkelanjutan. Lebih lanjut, Ketua Panitia juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini, panitia bersama Koperindag Kota Bima mengundang beberapa pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), kalangan mahasiswa dan kalangan pelajar untuk memamerkan dan menjual hasil kreativitasnya.

Wakil Ketua I STKIP Bima, Ibu Erni Suryani, M.Pd juga menambahkan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari mata kuliah kewirausahaan dan pengetahuan lingkungan dalam kurikulum STKIP Bima. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan potensi & minat untuk menjadi wirausaha muda sehingga kedepannya alumni STKIP Bima bukan hanya sebagai pencari kerja (job seeker) namun juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan (job creator).

Apresiasi dan ucapan terima kasih juga dihaturkan oleh Ibu Nurjanah S. Sos selaku Kepala Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima kepada pihak STKIP Bima yang telah mengadakan kegiatan positif seperti ini dan Pemerintah Kota Bima mendukung penuh kegiatan tersebut. “Keberadaan wirausaha muda dapat menurunkan angka penggangguran yang ada di Kota Bima. Hal ini juga didukung oleh visi dan misi Walikota Bima untuk menciptakan 10.000 lapangan kerja baru”, ucap Ibu Nurjannah dalam penuturannya yang disambut tepuk tangan meriah dari para tamu undangan.

‌Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Bapak Ir. Tasrif (Sekretaris Badan Pengawas Daerah Kota Bima), Ibu Nurjannah, S.Sos (Kepala Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan kota Bima) serta Bapak Ahmad Sandi, M.Si (Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima) yang menyampaikan materi tentang peranan institusi masing-masing dalam mengembangkan ekonomi daerah. Seminar & Sosialisasi ini juga dimeriahkan dengan success story dari Pengusaha Muda Kota Bima yaitu Sang Fajar yang memulai bisnis bakery dan toko kuenya pada usia 20 tahun. Diharapkan melalui cerita sukses dari Wirausaha Muda secara langsung dapat menambah inspirasi & motivasi bagi mahasiswa untuk semangat menjadi Wirausaha Muda & Ecopreneur Sukses dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *