DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP BIMA AMBIL BAGIAN DALAM KEGIATAN SEMINAR INTERNASIONAL YANG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Pengembangan sumber daya dilingkup STKIP Bima terus dilakukan seiring dengan perkembangan dunia pendidikan secara nasional maupun global. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional.

Baru-baru ini STKIP Bima yang diwakili oleh dosen program studi Pendidikan Matematika yaitu saudara Syarifuddin, S.Pd., M.Pd., berpartisipasi dalam kegiatan seminar internasional yang diselenggarakan oleh Universitas PGRI Yogyakarta dengan tema “1st UPY International Conference on Applied Science and Education (1st UP-INCASE) and 5th International Conference on Educational for Sustainable Development 2018”. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 24 – 26 Oktober 2018 yang bertempat di The Rich Jogja Hotel. Adapun Keynote Speaker (Pembicara Utama) berasal dari beberapa negera, diantaranya: Prof. Jasper Pastrano (Philipina), Prof. Chaty S Lin (Taiwan), Prof. Allan White (Australia), Prof. Moh. Nuh Dahlimin (Malaysia), Prof. Prapto Yudono (Indonesia), dan Prof. Dr. Buchory (Indonesia).

Seminar tersebut diikuti oleh 167 peserta sebagai presenter (pemakalah) yang berasal dari 7 negara, diantaranya: India, Malaysia, Usbekistan, Philipina, Indonesia, Taiwan, dan Australia,  yang mempresentasikan makalah hasil kajian penelitian maupun hasil kajian teori dari negara asal peserta.

Pada kesempatan tersebut saudara Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. mempresentasikan makalah hasil penelitian dengan judul “The Identification Difficulty of Quantitative Reasoning Process toward the Calculus Students’ Covariation Problem”. Makalah tersebut mengkaji tentang kesulitan mahasiswa yang sedang memprogramkan matakuliah kalkulus dalam proses penalaran kuantitatif pada masalah kovariasi yang merupakan studi pendahuluan untuk disertasi beliau dan akan dimuat pada prosiding yang terindeks scopus.

Pada saat ini saudara Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. sedang melaksanakan tugas belajar pada program studi S3 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Ini merupakan salah satu upaya dari STKIP Bima dalam meningkatkan sumber daya dosen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *