Tenunan Khas Bima Diminati di Sumatra

 

Tembe Nggoli adalah tenunan khas daerah Bima, kain ini menjadi salah satu kebanggaan daerah di ujung timur NTB sehingga setiap rumah seperti wajib memiliki hasil karya tangan lokal ini.

Pada satu kesempatan  STKIP Bima saat berkunjung ke kampus STKIP PGRI Padang Sumatra Barat, belum lama ini. Mempersembahkan hasil karya tersebut sebagai cendramata untuk para dosen di sana, bahkan sekaligus memperagakan cara menggunakan ala rimpu.

Ketua STKIP Bima, Dr Amran, mengatakan selain memperkenalkan tenun khas. Bahkan sejumlah mahasiswi juga mendemonstrasikan cara mengenakan rimpu mbojo dihadapan dosen dan mahasiswa STKIP PGRI Padang. “Saya menjelaskan perbedaan cara mengenakan rimpu untuk kaum gadis (belum menikah) dan para ibu yang sudah bersuami.,” katanya Pada Selasa.

Diakuinya, sarung dan pengenalan rimpu tersebut sangat diapresiasi oleh pihak kampus STKIP PGRI. Bahkan sejumlah Dosen langsung mencoba kenakan rimpu yang sudah tersohor di nusantara itu di rumahnya masing-masing. “Mereka (dosen STKIP PGRI Padang) bangga kenakan rimpu ini,” kata Amran.

Amran menambahkan, pengenalan sarung nggoli dan cara mengenakannya, bertepatan saat penarikan kembali Mahasiswa dari kampus STKIP, Kerjasama antar Perguruan Tinggi selama satu semester. “Kebetulan tembe nggoli saya bawa untuk dijadikan oleh oleh saat perpisahan kemarin,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *