Prodi Biologi STKIP Bima “Goes To Satonda Island”

Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima kembali memberikan konstribusi positif kepada masyarakat di Kecamatan Tambora melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dirangkaikan dengan kegiatan penelitian. Acara tersebut dirangkum dalam kegiatan Biology Goes to Satonda Island yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 20-21 Januari 2018. Dr. Amran Amir, M.Pd selaku ketua STKIP Bima dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di Bidang Penelitian dan Pengabdian. Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat Kec. Tambora.

Hal ini terlihat dari antusiasme warga  yang menghadiri acara penyuluhan pemanfaatan tanaman sebagai obat keluarga dan pengolahan limbah kotoran sapi menjadi pupuk organik. “kami sangat welcome dengan adanya kegiatan-kegiatan yang memberikan nilai positif bagi masyarakat,. Sehingga kami membuka diri untuk berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan potensi daerah dan warga sekita masyarakat kecamatan tambura” kata tutur cama Tambora, Drs. Israf. Dukungan penuh juga diberikan oleh UPTD Puskesmas Tambora dan UPTD Dinas Perkebunan Kecamatan Tambora.

Melihat banyaknya ternak dan luasnya pekarangan yang belum dimanfaatkan secara maksimal di Kecamatan Tambora, urgensi kegiatan ini guna mengoptimalkan potensi daerah agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar terhadap peningkatan pendapatan masyarakat lokal, mengurangi resiko penyebaran penyakit, serta membudidayakan pemanfaatan obat herbal dalam keluarga. Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari STKIP Bima yang diwakili oleh Bapak Muh. Nasir, M.Pd dan Ibu Nurfathurrahmah, M.Pd serta dari UPTD Puskesmas Tambora oleh Bapak Muhammad Idris, S.Kep.Ners.

Setelah rangkaian acara penyuluhan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan survey dan pengambilan sampel di wilayah situs Geologi Pulau Satonda yang meliputi penelitian terkait keanekaragaman tanaman dan serangga serta kondisi air Danau Satonda. Penelitian ini dimaksudkan agar keragaman spesies yang ada di Pulau Satonda dapat dijadikan sebagai salah satu daerah ekowisata  dan terekspos oleh masyarakat sehingga nantinya mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Pulau Satonda.

Selain dari itu, kegiatan di atas bertujuan untuk mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Bima dalam mempromosikan Gunung Tambora yang baru-baru ini diresmikan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia (KNPI) sebagai situs Gopark Nasinal. Dengan ditetapkannya Gunung Tambora sebagai situs Geopark, maka kawasan geografis dimana situs-situs warisan geologis menjadi bagian dari konsep perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan secara holistik. Penetapan Geopark Nasional Gunung Tambora diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan dan menumbuhkan embrio ekonomi lokal melalui pengembangan sektor pariwisata berbasis kegiatan ecotourism dan agrowisata.

Muh. Nasir selaku ketua rombongan Biology Goes to Satonda Island mengatakan “kegiatan seperti ini menjadi agenda rutin Prodgram Stusi Pendidikan STKIP BIma dalam mendukung pelestarian SDA dan lingkungan serta sebagai implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi. InsyaaAllah kegiatan selanjutnya akan kami laksanakan di Bajo Pulo”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *